Setio Be

Tips dan Trik Berkebun di Halaman Rumah

Menanam Kol Dalam Pot

Suasana pegunungan ada di halaman rumah kami 🙂

Semula hanya beberapa pot tanaman sayuran diantara tanaman bunga yang kami tanam di halaman rumah, sampai suatu waktu saya sekeluarga berlibur ke lereng Gunung Merbabu, Magelang – Jawa Tengah. Disuatu tempat kami turun dari kendaraan menikmati susana pertaniaan yang menghijau oleh tanaman, tiba – tiba saya di hadapkan dengan sebuah pertanyaan dari anak pertama yang pada saat itu masih berumur 5 tahun : papa ini tanaman apa? bisa ditanam di rumah kita?  ini tanaman kol mas, ayu kita coba, semoga dapat tumbuh subur dan panen jawaban saya (sebuah tantangan bagi saya untuk dapat mewujudkannya).

img_2479

img_2478

Kami mampir kerumah teman …akhirnya bibit tanaman Kol kami dapatkan darinya, teman yang tinggal di lereng gunung Merbabu, pastinya merupakan bibit kol untuk daerah dingin (ha3 di pikiran saya ini sebuah tantangan yang seru antara berhasil dan tidak perbandingannya 25% : 75% karena kebetulan tempat kami tinggal di daerah berudara panas).

img_2724

Sampai di rumah kami seputaran Jakarta mulailah kegiatan menanam bibit kol dimulai dan dari hari ke hari bibit kol yang kami tanam tumbuh dengan subur, masih perlu sabar dan perawatan rutin baik penyiraman maupun pemupukan …mudah – mudahan bisa panen 🙂

img_2484

Dengan berbekal pada saat remaja saya pernah tinggal didaerah pertanian seringkali mengamati saat kegiatan petani menanam dan merawat sayuran, langkah yang kami lakukan dengan percobaan setiap beberapa pot kami lakukan perlakuan yang cara berbeda baik dari segi penempatan pot tanaman yaitu: di halaman samping, belakang dan depan rumah juga perlakuan terhadap penyiraman dan pemupukan dengan harapan salah satu cara tersebut kelak dapat menghasilkan/panen dengan hasil sesuai yang di harapkan. Tak ada penantian tanpa akhir, impian anak-anak untuk dapat panen kol di halaman rumah pun mulai menampakkan hasil … pada akhirnya  panen kol dihalaman rumah di seputaran Jakarta dapat terwujud.

 img_2483

Berangkat dari menanam kol inilah yang semula menanam sayuran hanya beberapa pot kami tekuni dengan memperbanyak jumlah pot, yang pasti dengan hobi berkebun berbagai macam sayuran dengan memanfaatkan lahan sempit di halaman rumah selain mengasyikkan, hasilnya bisa di konsumsi untuk keperluan keluarga juga menanamkan cinta lingkungan hijau sejak dini kepada anak-anak. | salam berkebun 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 11, 2016 by in berkebun sayuran and tagged , , , , , , .
%d bloggers like this: