Setio Be

Tips dan Trik Berkebun di Halaman Rumah

Cara Mudah Menanam Kangkung

Siapa tak kenal sayuran Kangkung?

Kangkung salah satu sayuran yang banyak penggemarnya baik tua, muda bahkan anak-anak pun menyukainnya, saya sendiri paling suka kangkung di masak “ca kangkung” apalagi di tambah dengan udang dan sedikit daging …yummy  🙂  itu kata anak-anak kami.

Tak Kenal maka tak sayang, begitu kata orang …sekedar menceritakan apa yang kami lakukan dalam berkebun dan saya lengkapi dengan pic agar lebih mudah dimengerti  …yuk kita kenali cara berkebun kangkung ala kami 🙂

Tetap konsisten dengan berkebun dalam pot (keuntungan berkebun dalam pot pada kesempatan yang lain akan saya sharing), bagaimana saya menanam kangkung dalam pot? tak ada bedanya …sama saja dengan kita menanam kangkung di tanah, adapun yang perlu kita siapkan:  Tanah, pupuk Kandang dan pot, setelah pot diisi dengan media tanah dan pupuk kandang 1:2 kita buat alur seperti pic di bawah ini :

img_2516

Pada cekungan alur tanah benih kangkung kita letakkan, setelah selesai benih kita tutupi tanah dengan cara meratakan alur tanah yang ada didalam pot kemudian kita sirami.

Pot wajib di tempatkan pada tempat full sinar matahari, untuk penyiraman saya lakukan pada sore hari antara jam 16.00 – 17.00 WIB karena saya kebetulan tinggal di seputaran Jakarta. Benih kangkung yang mulai tumbuh, satu tahap keberhasilan menanam kangkung sudah kita raih  🙂

img_2512

Selanjutnya seminggu sekali tanaman kangkung ini diberikan pupuk tambahan Pupuk Organik Cair (POC) dan penyemprotan dengan pestisida nabati (pembuatan pestisida nabati akan saya sharing pada kesempatan lain), masih tetap seperti tahap awal penyiraman dan penyemprotan dilakukan pada sore hari.

Tak seperti menaman Kol yang harus bersabar menunggu selama 120 hari, kangkung sudah di panen antara umur 18 – 21 hari, saya sekeluarga lebih senang memanen pada umur 16 hari karena rasanya lebih renyah.

Kangkung umur 18 hari, mari kita panen Kangkung | salam berkebun  🙂

img_2511

2 comments on “Cara Mudah Menanam Kangkung

  1. kebun diZa
    January 4, 2017

    kira2 berapa seed yang bisa ditanam dalam pot seukuran itu mas? terimakasiih

    • Setio Be
      January 4, 2017

      Alur satu ke yang lain kira2 4-5 cm mba, benih kangkung di dalam alur jaraknya kira2 1cm …jumlahnya saya enggak menghitung mba. Terimakasih banyak mba sudah berkunjung ke blog saya

Leave a Reply

