Setio Be

Tips dan Trik Berkebun di Halaman Rumah

Sego Jagung

Pernah mencoba Sego Jagung?

Pertama kali saya berkenalan dengan sego jagung pada tahu 1993, sejak saat itu apabila dalam beberapa bulan tidak bertemu dan menikmati sego jagung serasa ada yang kurang, karena sekarang kami sekeluarga tinggal di seputaran Jakarta saya selalu minta tolong ke teman-teman yang ke betulan ke Jakarta untuk di bawakan sego jagung yang masih berwujud tepung (bahan) 🙂

 

img_2833

 

Di kesejukan lereng gunung di Magelang utara inilah saat pertama kali saya mencicipi sego jagung dan teman-temannya. Temannya siapa?  Sego jagung akan lebih nikmat bila kita memakannya dengan lauk sambal hijau, daun labu siam, daun adas dan ikan asin.

Proses jagung menjadi sego jagung tak sesederhana seperti padi dari hasil panen setelah dijemur hingga kering kemudian dilakukan penggilingan jadilah beras siap untuk dimasak. Tahap pembuatan sego jagung dimulai dari pengeringan/penjemuran jagung hasil panen, setelah kering berlanjut ke pemipilan jagung, tahap berikutnya merendam jagung sehari semalam, kemudian ditumbuk atau diselep .. 1 butir jagung menjadi 3-4 pecahan, proses dilanjutkan dengan perendaman antara 3-4 hari untuk kemudian dilakukan slep halus tahap ke dua menjadi seperi butiran pasir pada pic dibawah.

Proses penjemuran kembali dilakukan lagi, yang merupakan tahap akhir sebelum sego jagung bisa dimasak.

 

 img_2873

 

Setelah menjadi tepung seperti pada pic di diatas barulah siap untuk di masak dengan cara di kukus , pic Sego Jagung yang telah masak.

 

img_2872

 

Sementara teman sego jagung daun labu siam, ikan asin dan sambal ijo sudah biasa kita jumpai, yang kas adalah daun adas, rasanya seperti ada mint nya sehingga cocok sebagai penghangat badan di daerah dingin. Penasaran dengan tanaman adas … di pic bawah penampakan daun adas, mungkin didaerah lain memiliki nama berbeda. Daun adas dimasak dengan dua cara, bias hanya direbus atau dibuat sayur bobor.

 

img_2874

 

Sambil santai duduk diteras rumah akhirnya sego jagung siap dinikmati … yuk mari 🙂

 

img_2871

 

Selamat menikmati liburan akhir tahun 2016, sampai jumpa di tahun 2017 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 31, 2016 by in serba serbi.
%d bloggers like this: