Setio Be

Tips dan Trik Berkebun di Halaman Rumah

Cherry Dataran Rendah

Selamat tahun baru 2017

Mengawali tahun 2017 saya mencoba menulis tabulampot, dengan pertimbangan banyak teman-teman yang memilki halaman terbatas seperti saya tetap ingin bisa memetik buah dari tanaman sendiri dihalaman rumah, karena hal tersebut saya sangat selektif memilih tanaman untuk di jadikan tabulampot salah satunya cherry dataran rendah, Tanaman cherry dataran rendah menjadi pilihan di karenakan jenis tanamannya ini perdu dan rajin berbuah …yang lebih mengasyikan lagi dengan pemeliharaan seadanya pun masih mau berbuah.

Dari tanaman cherry dalam pot yang paling saya sukai bisa berbuah sampai dengan ratusan (tergantung perawatan dan kecukupan nutrisi) sehingga selain bisa dikonsumsi juga sekaligus menjadi penghias halaman rumah

Saya mengenal Cherry Dataran rendah dari seorang teman sekitar 8 tahun yang lalu, tanaman ini juga dikenal dengan nama Beach Cherry. Persiapan yang saya lakukan untuk menjadikannya tabulampot: pot ukuran 40, tanah, pecahan bata untuk alas sebelum media tanam, media tanam pasir, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Untuk pasir saya ganti dengan sekam bakar dengan pertimbangan pot tanaman akan menjadi lebih ringan disaat perlu memindahkan apabila ada acara di rumah.

Cherry dataran rendah yang ditanam dari biji dari percobaan yang saya lakukan membutuhkan waktu antara 1,5 – 2 tahun untuk mulai berbuah, memang memerlukan waktu cukup lama namun ada kepuasan tersendiri saat kita menanam dari biji/benih, tumbuh dan mengikuti perkembangannya sampai dengan berbuah.

Bibit Cherry dataran rendah hasil semaian dari hasil panen di tabulampot ada sekitar 40 … He3 namun sudah habis di bagikan ke teman – teman saat ada arisan dirumah kami.

 

img_2996

 

Pohon cherry dataran rendah cepat menyesuaikan diri dengan daerah panas ditempat tinggal saya diseputaran Jakarta, saya menempatkan pot tanaman cherry di tempat yang full sinar matahari.

 

img_3003

 

Perawatan yang saya lakukan dengan selain penyiraman rutin setiap hari, ada perbedaan perlakuan pada saat belum berbuah seminggu sekali saya siram dengan pupuk organic cair, setalah tanaman mulai berbunga pertama kali seminggu sekali saya sirami dengan pupuk cair organic yang di campurkan dengan air cucian beras.

Tanaman Cherry Dataran Rendah seperti di pic di bawah sudah memerlukan pemangkasan, buahnya sudah mulai jarang.

 

img_2997

 

Pemangkasan cabang agar tumbuh cabang baru jangan sampai terlupakan, dari cabang baru inilah bunga buah cherry bermunculan yang dikemudian hari akan menjadi buah, apabila tidak dilakukan pemangkasan jumlah buah yang dihasilkan akan signifikan.

 

img_3019

 

Setelah cabang baru tumbuh dan menghasilkan buah seperti penampakan pada pic ini, asyik kan 🙂

 

img_2999

 

Akhirnya saat yang kita nantikan pun tiba … Panen!  Panen Cherry Dataran Rendah biasanya saya lakukan 2-3 hari sekali, hasil panen langsung di makan atau seringkali kami jadikan campuran saat membuat juice dengan buah lainnya 🙂

 

img_2998-mm

 

Salam berkebun ~ Setiobe ~

 

 

Advertisements

2 comments on “Cherry Dataran Rendah

  1. vinadew
    January 20, 2017

    Salam, apakah cherrynya manis? Kalau boleh mau minta bibitnya juga tapi kok ya posisi saya di jogja..hehe…atau bolehkah minta bijinya ? Karena kadang kalau beli tanaman buah saya takut ketipu; saya dulu beli tanaman sawo yg sampai 15th kok ya ngga buah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: