Setio Be

Tips dan Trik Berkebun di Halaman Rumah

Buah Tin

Kesana kemari tak menemukan juga, bukan karena salah alamat  🙂  🙂

Tidak Seperti sekarang banyak yang menjual bibit Tin, sekitar 6-7 tahun lalu memang sangat sulit untuk mendapatkan tanaman ini, namun kalau sudah rejeki enggak kemana tanaman ini datang sendiri kerumah sebagai oleh-oleh teman yang kebetulan hobi home farming seperti saya …thank’s bro  🙂

Saya suka Tanaman Tin karena berbuah tidak mengenal musim dengan matang secara bergantian, berbuah sampai dengan puluhan (tergantung perawatan dan kecukupan nutrisi) sehingga menjadi pemanis halaman rumah sekaligus bisa dinikmati buahnya.

Persiapan yang saya lakukan untuk menjadikannya tabulampot: pot minimal ukuran 40, tanah, pecahan bata untuk alas sebelum media tanam, media tanam pasir, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Seperti saat menanam Cherry Dataran Rendah untuk pasir saya ganti dengan sekam bakar dengan pertimbangan pot tanaman akan menjadi lebih ringan disaat perlu memindahkan apabila ada acara di rumah.

Dari Biji/benih atau stek?

Tanaman Tin saya cukup di perbanyak dengan Stek, enggak sulit …bahkan semudah seperti kita menancapkan batang singkong lalu tumbuh 🙂

IMG_3940

Pohon Tin tidak seperti cherry dataran rendah yang ditempatkan di tempat full matahari (di tempat tinggal saya diseputaran Jakarta) karena akan mengakibatkan buah pecah pecah, #tips & #trik dengan menempatkan pot tanaman di tempat yang terkena sinar matahari setengah hari saja.

IMG_3941

Perawatan yang saya lakukan dengan selain penyiraman rutin setiap hari, seminggu sekali saya siram dengan pupuk organic cair dan setelah tanaman mulai berbuah pemberian pupuk cair organic saya campurkan dengan air cucian beras.

Berapa lama sampai dengan Panen?

Cuman 6 bulan setelah kita tancapkan batang Tin, kita sudah bias panen dan menikmati buah Tin … yuk nanam 🙂

IMG_3943

Perlukah pemangkasan?

Sangat diperlukan pemangkasan cabang agar tumbuh cabang baru jangan sampai terlupakan, dari cabang baru inilah buah Tin bermunculan yang pasti apabila tidak dilakukan pemangkasan jumlah buah yang dihasilkan akan signifikan.

IMG_3942

Semoga manfaat 🙂

Salam berkebun ~ Setiobe ~

 

Leave a Reply

