Setio Be

Tips dan Trik Berkebun di Halaman Rumah

Cara Mudah Menanam Sawi

Suka Mie Rebus, saya rasa hampir semua orang menyukainnya, pasangannya selain telur apalagi …. kalau bukan Sawi 🙂

Susahkan berkebun sayuran Sawi dalam pot ?

Dari pengalaman saya menanam sawi tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan, trik yang saya lakukan dengan dua cara :

1. Benih sawi saya semai terlebih dahulu dalam satu pot, apabila saya menanam lebih dari sepuluh pot, seperti Pic semaian sawi di bawah ini baru setelah berumur kurang lebih 30 hari saya pindahkan ke pot produksi.

IMG_2828

2. Benih Sawi langsung di tanam dalam pot produksi apabila hanya menanam satu atau dua pot saja, seperti pic di bawah ini.

IMG_2831

Media tanam untuk penyemaian dan yang saya gunakan dalam pot produksi sama saja, saya gunakan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:2 🙂

Usahakan saat benih sawi dengan cara di semai ataupun secara langsung di tanam dalam pot produksi tetap terkena sinar matahari namun tidak terkena hujan sampai dengan berumur 30 hari.

Penyiraman dilakukan sehari sekali di sore hari, dan tetap dilakukan penambahan pupuk organik air serta penyemprotan dengan pestisida nabati (cara mudah membuat pestisida nabati akan saya sharing di tulisan selanjutnya)

Sawi dalam pot produksi, saya letakkan di tempat yang terkena full sinar matahari dan hujan secara langsung, untuk kondisi ini penyiraman tetap di lakukan sehari sekali dengan melihat kondisi.

IMG_2832

Perawatan mingguan dengan pemberian pupuk organik cair serta penyemprotan dengan pestisida nabati buatan sendiri untuk menghindari hama tetap saya lakukan sampai dengan panen. Selain itu pada malam hari kadang saya lakukan pengecekan, siapa tahu ada ulat tanah yang menyerang tanaman sawi … karena ulat tanah biasanya menyerang pada malam hari.

IMG_2829

Tak seperti menanam kangkung yang sudah di panen antara umur 18 – 21 hari, bayam bersabar sebentar … panen pada umur 25 – 30 hari, Sawi harus lebih sabar karena panen cabut pada umur 60 hari sejak semai.

Namun ada trik lain, sejak umur 45 hari saya mulai panen sawi dengan cara potong daunnya saja, saya pilih yang paling bawah (tua), sehingga saya bisa menikmati mie rebus telur dilengkapi daun sawi 🙂 | salam Setiobe

Leave a Reply

